Jumat, 29 Januari 2010

Windows 7 mudah dioperasikan dan lebih menarik




Windows 7 ialah versi terbaru sistem operasi Microsoft yang diluncurkan belum lama di Indonesia ini. Microsoft sudah banyak belajar dari pengalaman sebelumnya, produk sebelumnya yakni Windows Vista yang mendapat kritikan pedas dari masyarakat dan juga disebut sebagai produk gagal. Saat ini Microsoft tak lagi terburu-buru. Perusahaan raksasa yang didirikan Bill Gates tersebut menunggu hingga 18 bulan untuk mendapatkan timbal balik dari satu juta pengguna Windows 7 versi beta (percobaan) sebelum meresmikan produk tersebut.

Kini hasilnya, Windows 7 nampak lebih menarik dan mudah digunakan. Kemampuan Windows 7 bisa disebut 5 S, kepanjangan dari : Search (pencarian), Side by side (melakukan sekaligus sejumlah operasi), Simplicity (kemudahan), Slice, dan Sharing (berbagi).


Simplicity, karena sistem operasi ini mudah digunakan. Pengguna dapat memutar musik langsung dari menu, seperti drag & drop untuk membuat shortcut dari aplikasi hingga melihat dokumen terakhir langsung file-nya. Jadi kita bisa mengurangi klik yang biasanya digunakan untuk menggunakan sebuah aplikasi.

Teknologi dari search yang baru memungkinkan untuk mencari dokumen atau file lebih cepat. Pengguna hanya tinggal mengetik judul file, bahkan bisa juga sebagian kata-kata yang ada di file tersebut. Komputer akan langsung memanggilnya.

Komputer juga bisa melakukan multitasking artinya komputer dapat membuka dua aplikasi windows dalam satu layar yang saling berhadapan (side by side). "Untuk membersihkan layar, tinggal gerakkan saja mouse-nya. Sangat sederhana sekali." papar Narendra Wicaksono, instruktur Microsoft dalam demo saatpeluncuran Windows 7, di Jakarta belum lama ini.

Fitur yang menarik lainnya yaitu slice. Fitur ini digunakan untuk melihat potongan iklan di website tanpa harus membuka seluruhnya. Sistem keamanan Windows 7 juga dapat membantu para orangtua untuk mengontrol dan mengawasi penggunaan komputer oleh anak-anaknya. Yang dapat dikontrol orangtua ialah mulai dari waktu beroperasinya komputer, situs apa saja yang bisa dibuka hingga permainan jenis apa yang cocok untuk dimainkan anak-anak.

Windows 7 terbagi atas empat versi ritel, yaitu Windows 7 Home Basic, Premium, Profesional, dan Ultimate. Sistem operasi terbaru Microsoft ini dipasarkan dengan harga mulai Rp.900.000,00 hingga Rp.3.000.000,00. Harga ini merupakan harga khusus.

Peluncuran Windows 7 dilakukan di beberapa negara secara serentak, termasuk Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki posisi yang sangat penting bagi Microsoft. ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar